Taksonomi media menurut rudy bretz

Taksonomi media menurut rudy bretz - Sudah lama tidak posting di blog akupengentahu ini, jadi kangen deh dengan pembaca setia, padahal artikelnya masih sangat sedikit loh, 

ok biar blog ini semakin kaya akan konten dan bisa bermanfaat buat teman teman semuanya, kali ini saya akan membagikan materi tentang taksonomi media.

Di dalam artikel ini saya akan lebih terfokus untuk menjelaskan apa itu taksonomi media dan bagaimana taksonomi media menurut para ahli, dalam artikel ini yaitu rudy bretz. 

Apa itu taksonomi media


Sebelum kita membahas mengenai apa itu taksonomi media, akan lebih baik jika kita memahami terlebih dahulu apa sih definisi dari media itu, secara sekilas media dapat di artikan sebagai segala bentuk dan saluran yang digunakan orang untuk menyalurkan pesan / informasi.

Jika teman teman ingin mengetahui lebih dalam apa itu media menurut para ahli dapat dilihat di artikel pengertian media menurut para ahli.

Nah kembali ke masalah taksonomi media, dengan munculnya berbagai perkembangan di bidang teknologi, komunikasi, tingkah laku, membuat media yang di gunakan untuk media pembelajaran di sekolah tampil dalam berbagai jenis dan format seperti modul cetak, film, televisi, program radio, komputer dll

Berbagai jenis dan format media tersebut tentu saja memiliki ciri ciri atau karakteristik sendiri sendiri.

Nah untuk memudahkan penataannya maka di lakukanlah taksonomi media dengan cara mengelompokkan / mengklasifikasi kan media menurut kesamaan ciri atau karakteristiknya.


Dalam teknologi pendidikan di kenal beberapa tokoh yang melakukan taksonomi media ini, beberapa tokoh tersebut yaitu :

  • Rudy bretz
  • Duncan
  • Briggs
  • Gagne
  • edling

Taksonomi media menurut rudy bretz


Dalam taksonomi media menurut rudy bretz mengidentifikasi ciri ciri utama media berdasarkan tiga unsur pokok, yaitu : visual, suara dan gerak.

Kemudian visual dibedakan menjadi gambar, garis (line graphics), dan simbol yang merupakna suatu kontinum dari bentuk yang dapat di tangkap dengan indera pengelihatan.

Selain itu rudy bretz juga membedakan antara media siar (telecommunication) dan media rekam (recording) sehingga terdapat 8 klasifikasi media, yaitu

  1. Media audio visual gerak
  2. Media audio visual diam
  3. Media audio semi gerak
  4. Media visual gerak
  5. Media visual diam
  6. Media semi gerak
  7. Media audio
  8. Media cetak.

Untuk lebih jelasnya mengenai taksonomi media menurut rudy bretz dapat dilihat pada gambar berikut ini.
taksonomi media menurut rudy bretz
taksonomi media menurut rudy bretz

sumber : 
Arief S. Sadiman.2011.media pendidikan, pengertian, pengembangan, dan pemanfaatannya.jakarta:PT Raja Grafindo Persada
Previous
Next Post »

terima kasih atas kunjungannya. silahkan berikan komentar maupun masukkan. ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment