Pendekatan Perilaku (Behaviorisme)

Pendekatan perilaku (behaviorisme) merupakan sebuah aliran yang didirikan oleh john b. Watson pada tahun 1913 dan digerakkan oleh burrhus Frederic skinner.

pendekatan perilaku behaviorisme
john b. watson
Behaviorisme adalah pendekatan yang sangat bermanfaat untuk menjelaskan presepsi interpersonal, konsep diri, eksperimen, sosialisasi, kontrol sosial, serta ganjaran dan hukuman. Behaviorisme menganlisis perilaku manusia hanya berdasar perilaku yang tampak dan dapat diukur.

Perilaku manusia adalah hasil dari proses belajar . Manusia belajar dari lingkungannya dari hasil belajar itulah dia berperilaku. Oleh karena itu manusia dapat dipengaruhi oleh lingkungannya. Behaviorisme juga disebut psikologi Stimulus-Respon (S-R).


Menurut pendekatan ini, dengan mempelajari apa yang dilakukan manusia (yaitu prilakuknya), memungkinkan psikologi menjadi ilmu yang objektif, Prilaku manusia menurut pendekatan ini merupakan hasil dari stimulus dan respon (S -R) Prilaku manusia berdasarkan pada kausalitas atau hukum sebab akibat Segala sesuatu itu harus dapat diamati (aktivitas yang dapat diamati) Tingkah laku yang bersifat begitu saja (refleks- refleks instigtik) Untuk mengamati tingkah laku harus dengan cara introfeksi formal (observasi murni) Perilaku itu sangat tergantung dengan lingkunga.
Previous
This is the oldest page

terima kasih atas kunjungannya. silahkan berikan komentar maupun masukkan. ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment